Bingung Memilih Kandang Kucing? Ini Dia Tipsnya

Memelihara hewan adalah sebuah komitmen jangka panjang yang harus dimiliki oleh seseorang. Saat ini memelihara hewan seperti kucing dan anjing sudah menjadi hobi yang mulai banyak digemari oleh banyak orang. Kini memelihara kucing juga sudah menjadi salah satu gaya hidup yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia secara luas. Dalam proses pemeliharaannya tentu saja para pemilik harus memiliki kandang kucing yang bisa digunakan sebagai tempat tidur dari hewan peliharaan yang menggemaskan ini. berikut ini adalah tips memilih kandang kucing yang bisa anda lakukan ketika akan memelihara kucing di rumah.

1. memilih kandang yang bahannya tidak berbahaya

Hal pertama yang harus anda lakukan sebagai pemilik kucing adalah memastikan kandang kucing dengan bahan utama yang tidak berbahaya bagi kesehatan kucing. Pemilihan bahan ini sangat penting karena ketika produsen kandang menggunakan bahan yang dapat membahayakan kesehatan kucing makan hal tersebut juga tidak baik untuk bagi anda. Salah satu bahan kandang kucing yang baik adalah alumunium yang memiliki karakteristik bahan yang kuat, awet, ringan, dan tidak akan berkarat. Kandang kucing harus diperhatikan dengan detail karena itu adalah tempat tidur kucing sehingga harus nyaman dan juga aman agar kucing merasa senang.

2. Menyesuaikannya dengan kebutuhan
Tips dalam memilih kandang kucing selanjutnya adalah dengan memilih kandang yang disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki oleh setiap pemilik kucing. Kandang kucing yang digunakan oleh para peternak kucing tentu saja ukurannya akan berbeda dengan kandang kucing yang dimiliki untuk peliharaan pribadi. Kandang yang biasa digunakan untuk proses peternakan biasanya memiliki ukuran yang lebih luas dan lebar jika dibandingkan dengan kandang lainnya.

3. Sesuaikan ukuran kandang
Kandang kucing memiliki ukuran yang berbeda-beda. Sebagai pemilik kucing, anda harus memilih kandang yang disesuaikan dengan ukuran dan jenis kucing yang anda punya. Kucing yang memiliki ukuran dan berat yang lebih besar maka akan membutuhkan kandang yang luas. Ukuran kandang juga sangat memengaruhi kondisi kenyamanan yang dimiliki oleh kucing. Ketika kandang terlalu kecil, kucing akan merasa sesak dan kesulitan untuk melakukan berbagai aktivitas di dalam kandang dengan bebas.

4. Pastikan alas kandang harus nyaman
Pastikan juga anda menyediakan alas kandang kucing yang membuat hewan lucu ini merasa nyaman. Alas kandang ini harus memiliki ukuran yang tidak terlalu luas namun melebar. Alas kandang yang direkomendasikan oleh para pemilik kucing adalah plastik. Hal tersebut dikarenakan plastic merupakan jenis bahan yang sangat mudah dibersihkan serta tidak menimbulkan efek apapun ketika diinjang oleh kucing dari dalam kandang. Alas kandang juga harus disesuaikan dengan ukuran kandang yang digunakan.

5. Pilih kandang yang mudah dibersihkan
Dalam memilih kandang kucing anda harus memperhatikan segi kebersihannya. Pilihkan jenis kandang yang mudah untuk dibersihkan. Kandang yang mudah untuk dibersihkan tentu saja akan menambah kenyamanan bagi kucing serta mampu menghindarkan kucing dari berbagai jenis penyakit yang berasal dari bakteri jahat. Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang suka dengan kebersihan, sehingga ia sangat menyukai kandang yang bersih. Biasanya kandang yang bagus akan menyediakan tempat pembuangan di bagian bawahnya sehingga para pemilih akan mudah membersikan kandang dan membuatnnya tetap bersih dan juga nyaman. Kucing tidak menyukai lingkungan yang kotor. Oleh sebab itu sangat penting untuk membuat kandang selalu bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *