Benarkah Burung Garuda itu Memang Ada? Simak Penjelasannya

Seluruh masyarakat Indonesia secara umum sudah mengetahui jika lambang negara ini adalah Burung Garuda. Ketika kita melihat lambang negara Indonesia pasti banyak yang membayangkan betapa gagah dan kerennya burung garuda ini dengan kedua sayap yang membentang dengan lebar. akan tetapi banyak juga yang mempertanyakan bagaimana wujud yang dimiliki oleh burung garuda di dunia nyata. Apakah burung garuda itu memang ada? Pertanyaan tersebut sering kali muncul dalam benak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui sosok burung yang satu ini.

Garuda sendiri merupakan salah satu sosok mitologi yang berasal dari dongeng Mahabarata yang sangat terkenal. Dalam dongeng tersebut burung garuda digambarkan sebagai spesies burung yang gagah, setia, dan juga pemberani. Burung garuda ini biasa digunakan sebagai kendaraan oleh Dewa Wisnu ketika mengunjungi bumi. Dalam tradisi Bali, burung garuda ini sangat dimuliakan dan dianggap sebagai raja agung pada spesies burung. Selain itu dalam tradisi bali juga burung garuda ini digambarkan sebagai makhluk yang memiliki tubuh seperti manusia tapi memiliki kepala, paruh, sayap, dan cakar yang menyerupai burung elang.

Para ahli kemudian mulai mencari spesies yang dianggap mewakili gambaran yang berkembang di masyarakat terkait burung garuda ini. dari sekian banyak spesies burung yang hidup di Indonesia, salah satu spesies burung yang dianggap memiliki karakteristis yang sama dengan penggambaran burung garuda ini adalah burung Elang Jawa atau burung yang memiliki nama ilmiah Spizaetus bartelsi. Burung Elang Jawa sendiri termasuk ke dalam kategori burung endemik yang ada di Pulau Jawa. Namun seiring berjalannya waktu jumlah Elang Jawa ini semakin lama semakin berkurang karena maraknya pemburuan dan juga perusakan habitat.

Selain itu alasan yang membuat burung Elang Jawa ini memiliki jumlah yang semakin menyusut karena Elang Jawa berina hanya bertelur setiap dua tahun sekali. Sehingga membuat Lembaga Burung Indonesia menetapkannya sebagai burung yang terancam punah karena jumlahnya yang semakin sedikit tersebut. Hingga kini burung Elang Jawa masih terus dilestarikan untuk menyelamatkannya dari kepunahan. Banyak orang juga yang menganggap jika burung Elang Jawa ini adalah bentuk nyata dari penggambaran burung Garuda yang selama ini tak diketahui keberadaannya atau perwujudannya.

Akan tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa burung Garuda ini memang nyata dan pernah hidup di dunia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa setidaknya ada 7 spesies burung garuda yang ada di dunia, yang meliputi Garuda Harpy yang berasal dari Amerika Selatan, Garuda pemangsa monyet yang ada di Filipina, Garuda pemangsa kanguru di sekitar Papua Barat dan Papua Nugini, Garuda Haast yang merupakan pemangsa burung moa dan manusia di New Zealand.


Dari semua jenis burung garuda yang dipercaya ada di kehidupan nyata, orang Maori yang ada di New Zealand percaya jika Garuda Haas yang memiliki tubuh besar tersebut dijuluki dengan sebutan Hokioi. Kelangkaan yang membuatnya banyak orang yang berpendapat jika burung garuda tersebut tidak pernah ada di dunia. Karena masyarakat umum belum tahu dan belum mendengar spesies burung bernama Garuda ini, sehingga mengakibatkan burung ini sering dianggap sebagai burung yang hanya ada di cerita fiktif dan karangan belaka. Namun para ahli dan catatan sejarah mengungkapkan jika burung garuda ini memang nyata dan pernah hidup di dunia, hanya saja spesiesnya yang langka membuat burung ini tidak dikenali oleh masyarakat umu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *